Selasa, 23 Oktober 2012

INOS-Arutmin;Komitmen Selamatkan Anggrek Meratus

Berbagai cara dilakukan oleh Indonesian Native Orchids Society (INOS) untuk memperjuangkan anggrek spesies Meratus, khususnya yang terncam punah. Selain dengan mendirikan penangkaran Anggrek Meratus, Inos pun kini mendapatkan angin segar ketika PT. Arutmin Indonesia-Batulicin yang juga berkomitmen untuk turut menjaga dan melestarikan Anggrek Meratus khususnya yang berada di sekitar area kerja mereka, menawarkan kerja sama untuk membangun sebuah penangkaran Ex-situ di sekitar areal perusahaan.
Tim Identifikasi INOS bersama Pa Yulianto

Tidak banyak perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan alih fungsi hutan yang telah melakukan langkah nyata sebagai wujud kepedulian terhadap anggrek spesies Indonesia khususnya anggrek Pegunungan Meratus. Komitmen PT. Arutmin Indonesia untuk melakukan hal tersebut tentu sangat kami sambut baik. Kami yakin dengan terjalinnya kemitraan ini akan lebih mudah untuk mewujudkan Penangkaran Ex-situ yang nantinya tidak hanya bisa menyelamatkan anggrek spesies Meratus dari gangguan dan ancaman di habitat aslinya tetapi juga dapat menjadi tempat rekreasi, informasi, sekaligus studi dan penelitian pelajar dan mahasiswa mengenai anggrek spesies.


Mengidentifakasi Anggrek Koleksi GSO Orchids House PT. AI-Batulicin

Beberapa waktu yang lalu Inos berkesempatan untuk melihat langsung lokasi penangkaran tersebut didampingi Pa Yulianto yang mewakili Pa Muhammad Yusuf (penanggung jawab GSO Orchid House PT. Arutmin Indonesia-Batulicin). Sedikitnya tim identifikasi Inos mencatat ada 60-an anggrek spesies yang sudah mengisi koleksi Penangkaran Anggrek Meratus yang terletak tidak jauh dari Camp PT. Arutmin- Batulicin, dan ada belasan anggrek Hybrid yang di datangkan untuk turut menyemarakan GSO Orchid House.  Pada umumnya koleksi penangkaran tersebut adalah kelompok anggrek type epifit dan hanya beberapa yang merupakan anggrek teresterial.


GSO Orchids House PT.AI-Batulicin

Semoga komitmen PT. Arutmin Indonesia-Batulicin ini bisa menggugah lembaga dan perusahaan lainnya untuk turut melakukan langkah nyata sebagai upaya pelestarian anggrek Meratus. Khususnya perusahaan atau lembaga yang bersentuhan langsung dengan kegiatan alih fungsi hutan yang menjadi habitat anggrek. Mengingat  anggrek spesies Meratus adalah kekayaan plasma nutfah bumi Kalimantan yang tak ternilai harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar