Sabtu, 20 Oktober 2012

Cara Menanam Anggrek

Cara menanam anggrek yang benar akan membuat kemungkinan anggrek anda tumbuh sehat dan rajin berbunga menjadi lebih besar. Sebab selain  pemindahan tanaman anggrek yang benar masih ada gangguan hama, faktor cuaca, perlakuan serta perawatan yang akan menentukan "sukses"nya tumbuh anggrek. Pada dasarnya Cara Menanam Anggrek yang baik untuk tipe Hybrid dan Spesies hampir sama, mungkin perbedaanya hanya pada letak ketahanan karena anggrek Hybrid cenderung lebih "kuat" ketimbang anggrek spesies. Oleh karenanya jika anda berhasil melakukan pemindahan anggrek hybrid dari pot kepohon atau dari media satu kemedia yang lainnya tentunya akan lebih mudah untuk melakukan hal serupa pada anggrek spesies.

Selain kebutuhan cahaya (apakah anggrek tersebut senang intesitas cahaya penuh atau sedang), penempatan juga perlu diperhatikan jangan sampai anda meletakan tanaman kesayangan di tempat yang tidak terjamin keamanannya seperti banyak binatang pengerat (misal tupai) atau yang lainnya karena akan mengancam anggrek anda. Jika di rasa perlu anda mungkin perlu menyiapkan vitamin anti stress untuk mempercepat pertumbuhan akar pada media yang baru. Nah berikut saya kasih tahapan-tahapan melakukan pemindahan anggrek kemedia baru yang saya ambil screen shootnya dari Infokit Trubus.



 Langkah Memindahkan Seedling


Cara menanam anggrek remaja


Cara menempelkan Anggrek pot ke pohon

 

Langkah Menempelkan Anggrek ke pohon

Nah, setelah selesai tentunya tinggal perawatan dan pemeliharaan, penyiraman sesuai kondisi, penyemprotan insektisida hanya jika di perlukan dan jangan lupa untuk memberikan pupuk secara priodik atau 6 bulan sekali jika menggunakan pupuk slow release. Semoga anggrek anda sehat dan rajin berbunga..

1 komentar: