Selasa, 02 Juli 2013

Profil INOS Kalsel

Sejarah Berdirinya INOS Kalsel
Profil dan Sejarah Berdirinya  Indonesian Native Orchids Society Kalimantan Selatan (INOS Kalsel). INOS dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan CASI (Cinta Anggrek Spesies Indonesia). INOS Kalsel  sendiri adalah organisasi pertama yang ada di Kalimantan Selatan yang mengkhususkan diri dalam upaya penyelamatan dan pelestarian Anggrek Spesies (Native Orchids). Merupakan cabang dari INOS (Pusatnya ada di Jakarta) yang  merupakan Organisasi Anggrek Spesies Kedua di Dunia Setelah ANOS ( Australian Native Orchids Society, didirikan tahun 2003 oleh Dr. Arthur Sumarjadi Santoso, Endah Malahayati dan Drg. Widjaya Trisulo dan berpusat di Jakarta . 
Anggota Inos Kalsel
Beberapa Pengurus Indonesian Native Orchids Society Kalsel

INOS Kalsel sendiri awal mulanya berbentuk dari kumpulan mahasiswa pendidikan Biologi yang suka dan tertarik terhadap dunia anggrek khususnya anggrek spesies. Ketertarikan mereka lantaran sering mengikuti kegiatan praktek kuliah lapangan yang kerap keluar masuk hutan yang mana tidak jarang bertemu dengan tumbuhan  famili Orchidaceae  tersebut.

Ide pembentukan komunitas sendiri tercetus setelah Muhammad Jumani (saat ini sekretaris Inos Kalsel) bertemu dengan Hj. Ernaningsih yang saat ini menjadi Ketua INOS Kalsel, pertemuan tersebut bermula ketika Dia berencana ingin mencari informasi mengenai anggrek spesies yang ada di Kalimantan Selatan dalam rangka menyusun skripsi yang kebetulan saat itu mengenai anggrek spesies. Dari pertemuan itu kami cukup sering berkomunikasi baik langsung maupun melalui jejaring sosial, dan kerap mengadakan berbagai kegiatan observasi dan penanaman anggrek spesies, termasuk turut andil dalam Pencanangan Gerakan Cinta Anggrek Indonesia tahun 2010.

Melalui situs jejaring sosial kegiatan komunitas kami rupanya mendapat apresiasi dari Bpk Widjaya Trisulo dan Ibu Endah Malahayati, dan atas saran serta bimbingan beliau Kami akhirnya melakukan rapat pendahuluan untuk membentuk  INOS untuk wilayah Kalimantan Selatan. Akhirnya pada tanggal 12 April 2010, SK pembentukan CASI (INOS) Kalsel resmi ditandatangani oleh Ketua umum dan Sekretaris Jendral CASI (INOS) yaitu   Ibu Endah Malahayati dan Bpk. Widjaya Trisulo yang menandakan INOS Kalsel, resmi dibentuk.

Susunan Pengurus Inti Indonesian Native Orchids Indonesia Kalimantan Selatan
 (INOS Kalsel) Periode Pertama
Ketua : Hj. Erna Ardiansyah
Wakil Ketua : Nadya Huda, S.Pd
Sekretaris : Muhammad Jumani
Wakil Sekretaris : Hadi Wagianoor

Bendahara : Rahmi Widiati

Wakil Bendahara : Amalia Rezeki
Sekretariat INOS Kalsel
Alamat Sekretariat INOS Kalsel di Jl. Sultan Adam Komp. Pondok Kelapa I, No 11 RT 13, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara - Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Telp./Hp : 085248105335




1 komentar:

  1. saya senang dengan anggrek meskipun hanya memiliki sedikit. ingin melihat koleksi anggrek yang teman2 miliki sudah merupakan kepuasan batin bagiku, apalagi mampu memilikinya

    BalasHapus