Minggu, 30 Oktober 2011

Taman anggrek Unlam Banjarmasin

Taman Anggrek di Universitas Lambung Mangkurat adalah salah satu dari percontohan taman anggrek yang ada di kota Banjarmasin. Dikukuhkan bertepatan acara pencangan Gerakan Cinta Anggrek Indonesia oleh Ketua PAI Kalsel Hj Aida Muslimah pada 24 Maret 2010. Taman Anggrek yang berada di sebelah kiri jalan utama kampus ini sebelumnya sempat di gunakan sebagai kolam percontohan yang ditumbuhi pepohonan akasia, pinang, gamal, dan pepohonan lainnya. Di pepohonan inilah berbagai jenis anggrek epifit serta beberapa tumbuhan paku di tanam.




[caption id="attachment_502" align="aligncenter" width="300" caption="Menanam Anggrek Alam di Taman anggrek"][/caption]

Taman anggrek alam ini  dihuni oleh anggrek seperti Dendrobium crumenatum (anggrek merpati), Dendrobium anosmum (anggrek mata sapi), Cymbidium (anggrek pandan), Gramatophyllum speciosum (anggrek tebu), Dendrobium lobatum, Bulbophyllum auratum, Cologyne, dan beberapa jenis anggrek epifit lainnya. Selain anggrek di taman ini juga ada paku tanduk rusa (Platycerium), dan Paku sarang burung (Drynaria) untuk memperindah kawasan ini.




[caption id="attachment_504" align="aligncenter" width="300" caption="Taman percontohan anggrek alam"][/caption]

Sayangnya beberapa anggrek ada yang mati lantaran belum sempat tumbuh dan berakar dengan baik ketika  pohon inangnya meranggas (menggugurkan daunnya)  sehingga intensitas matahari yang menerpa anggrek tersebut menjadi penuh. Tapi untunglah hanya ada beberapa pohon inang yang seperti itu.


Oleh karenanya ada wacana dalam waktu dekat Komunitas INOS Kalsel akan bekerjasama dengan komunitas Blogger Banua untuk membenahi taman ini sekaligus menambah koleksi anggreknya. Jika tidak ada aral melintang, acara ini juga akan melibatkan mahasiswa Unlam khususnya mahasiswa Biologi. Jika ini terealisasi maka Taman Anggrek ini akan menjadi lebih hijau dan semarak dengan anggrek.


Taman anggrek ini sedikit banyak memberikan informasi dan wawasan kepada mahasiswa maupun kalangan umum tentang keberadaan anggrek di Indonesia dan Kalimantan khususnya. Banyak masyarakat belum mengenal jenis-jenis anggrek yang ada di hutan Kalimantan. Dengan adanya taman ini maka anggrek-anggrek ini bisa di perkenalkan dan diharapkan bisa menumbuhkan rasa kecintaan dan kepedulian terhadap hutan yang menjadi habitat asli anggrek-anggrek eksotis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar