Minggu, 05 Juni 2011

5 Juni Hari Lingkungan Hidup Sedunia

[caption id="attachment_439" align="aligncenter" width="300" caption="HLH 2011"][/caption]

Kemaren adalah 5 Juni 2011, hari dimana seluruh dunia memperingatinya sebagai hari lingkungan hidup. Dimana pada hari ini penduduk bumi secara serempak menggelar berbagai kegiatan sadar lingkungan tujuannya antara lain menghidupkan kembali semangat dan partisipasi masyarakat terhadap lingkungan hidup. Penetapan peringatan ini merupakan salah satu ketetapan dari Konferensi PBB untuk Lingkungan Hidup Manusia di Stockholm, Swedia, 5 Juni 1972. Pertemuan ini merupakan tonggak sejarah kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya penanganan secara bersama masalah lingkungan hidup. Deklarasi Stockholm yang dihasilkan mencatat perlunya komitmen, pandangan dan prinsip secara bersama bangsa-bangsa di dunia untuk melindungi dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup umat manusia melalui langkah-langkah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, menghapuskan kemiskinan dan menghilangkan kelaparan yang diderita sebagian umat manusia di Negara berkembang.


Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 (HLH 2011) yang dikeluarkan oleh UNEP (United Nations Environment Programme) adalah “Forests: Nature At Your Service”. Tema ini menekankan pentingnya hutan yang memiliki fungsi untuk memberikan layanan bagi kehidupan yang memiliki nilai keberlanjutan dan menegaskan keterkaitan antara kualitas kehidupan manusia dan kelestarian ekosistem hutan. Peringatan HLH 2011 yang dipusatkan di India ini, sesuai dengan Tahun Hutan Internasional 2011 (International Year of Forests) yang dideklarasikan oleh PBB. Hal ini merupakan pengakuan bahwa hutan memberikan kontribusi penting bagi pembangunan berkelanjutan, pemberantasan kemiskinan dan juga dalam pencapaian tujuan MDGs (Millennium Development Goals) (sumber : http://www.menlh.go.id).


Jika mengingat kembali catatan-catatan kerusakan hutan di Indonesia, tentunya miris hati. Semoga dengan semangat HLH 5 Juni 2011 ini masyarakat dan pemerintah bisa lebih perhatian terhadap hutan beserta isinya. Kami dari INOS (Indonesian Native Orchids Society) Kalsel mengucapkan selamat Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2011, mari selamatkan dan sayangi hutan kita, demi kelangsungan flora dan fauna di dalamnya khususnya anggrek spesies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar