Selasa, 01 Juni 2010

Memperbanyak Anggrek Secara Vegetatif

Cara memperbanyak anggrek  ada dua cara yaitu secara generatif  (reproduksi seksual) yaitu dengan biji dan vegetaitf (aseksual). Adapun kelebihan dan kekurangan perkembang biakan secara vegetatif untuk anggrek adalah sebagai berikut :
Perbanyakan Anggrek Secara Vegetatif Menggunakan Media Sabut Kelapa


Kelebihan Memperbanyak Anggrek Secara Vegetatif :

1. Sifat anakan sama dengan sifat indukan jadi bisa mempertahankan keunggulan indukan

2. Relatif Lebih cepat berbunga

4. Bisa menghasilkan individu baru dalam jumlah yang relatif banyak dalam waktu singkat (kultur jaringan)

5. Lebih sederhana dan mudah di lakukan oleh orang awam


Adapun kekurangan perkembangbiakan anggrek secara vegetatif :

1. Biaya mahal untuk produksi massal (kultur jaringan)

2. Hasil anakan tidak ada variasi genetik (vegetatif)

3. Rentan terhadap serangan hama (karena tidak ada variasi maka jika terjadi serangan hama maka semua turunannya juga berpotensi yang sama )

Perkembangbiakan vegetatif pada anggrek umumnya ada 4 cara :

1. Stek Batang

yaitu dengan memotong sebagaian batang kemudian ditanam pada media yang sudah di siapkan. Biasanya cara ini untuk anggrek-anggrek monopodial.

2. Pemisahan anakan

Cara ini adalah salah satu yang cukup sering di gunakan. Perkembangbiakan vegetatif anggrek dengan cara ini biasanya keberhasilannya lebih tinggi, selain itu juga lebih cepat berbunga. Sayangnya sulit untuk menghasilkan anakan baru secara massal sebab tunas atau anakan anggrek terbatas.

3.  Keki

Keki adalah anakan yang tumbuh liar, biasanya di ujung bulb tumbuhan anggrek dewasa. Keki dalam bahasa Hawaii berarti "bayi". Keki terbentuk jika media sudah terlalu padat atau sudah lama tidak di ganti. Keki yang siap di pisahkan adalah keki yang sudah memiliki akar cukup banyak. Pemisahan dengan cara memotong keki dengan mengikut sertakan sebagian pseudobulb sebagai cadangan makanan keki sampai benar-benar bisa memenuhi kebutuhan makanannya sendiri. Untuk lebih baiknya, keki yang sudah di pindahkan sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh dulu sampai tumbuh bulb baru.

4. Kultur Jaringan

Perbanyakan dengan sistem kultur jaringan hanya memerlukan sedikit jaringan tanaman yang akan di kultur. Dengan sedikit jaringan itu bisa di peroleh bibit anggrek yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan. Kelemahannya hanyalah perlu modal besar untuk menggunakan sistem ini. Sehingga tak heran cara ini hanya di lakukan oleh nursery besar yang benar-benar2 serius memproduksi anggrek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar