Kamis, 27 Mei 2010

Morfologi Bunga Anggrek

Struktur bunga anggrek

Dengan semakin tingginya minat akan bunga baik untuk di pelihara maupun untuk dinikmati keindahannya sebagai bunga potong, prospek anggrek pun semakin menjanjikan. Plasma nuftah berharga yang keberadaanya cukup berlimpah di negri ini sangat di sayangkan jika tidak bisa di maksimalkan potensinya.
Dendrobium cinereum

Memiliki keragaman  baik bentuk dan warna bunga, maupun keunikan daunnya, membuat anggrek semakin di lirik masyarakat. Kini keberadaanya mulai di sejajarkan dengan mawar tatkala di percaya untuk mewakili hasrat ungkapan emosional baik suka maupun duka, semisal untuk ungakapan selamat ulang tahun, selamat atas kenaikan jabatan, pesta pernikahan, maupun ungkapan belasungkawa. Bahkan bagi sebagian mereka penggemar anggrek, ungkapan yang di wakilkan dengan anggrek jauh lebih berkesan dan elegan di bandingkan dengan bunga lain.

Meski memiliki keragaman bentuk dan warna, anggrek memiliki satu ciri kesamaan dibandingkan bunga lain yang membuatnya khas dan bisa dengan mudah di bedakan di bandingkan tumbuhan lain yang bukan anggrek. Ciri khas tersebut adalah struktur bunganya

yang sama meski berlinan genus atau marga. Bunga anggrek terdiri dari Kelpopak (sepal), mahkota (petal) dan bibir bunga (labelum), sepal terdiri dari tiga helai dimana di sela-sela sepal tersebut terdapat petal, petal sebenarnya berjumlah 3 namun satu petal telah termodifikasi dan berubah bentuk menjadi bibir bunga atau labelum.  Pada beberapa bunga anggrek terdapat

pengecualian yaitu adanya penggabungan dua sepal lateral menjadi satu kesatuan sehingga yang tampak hanya sepalum dorsale, dan dua petal lateral dengan satu labellum. Istilah ini di sebut pula Synsepal yang jika di terjemahkan artinya dua kelopak samping telah bergabung menjadi satu kesatuan.Contohnya pada anggrek Paphiopedilum lowii atau biasa juga di sebut " slipper orchid"


Pada anggrek juga di kenal tugu, yaitu perpanjangan  bakal buah  di bentuk oleh penyatuan putik dan benang sari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar