Sabtu, 22 Mei 2010

Anggrek Phalaenopsis

Anggrek Phalaenopsis

Anggrek Phalaenopsis identik dengan anggrek bulan, padahal Genus phalaenopsis dapat mencakup hingga 60 spesies, belum termasuk hibrida atau hasil silangan. Anggrek bulan hanyalah salah satu contoh spesies dari genus Phalaenopsis. Namun masyarakat umum sering kali salah mengartikan Phalanopsis sebagai anggrek bulan.

Anggrek Bulan Pelaihari

Nama Phalaenopsis  diambil dari nama phalaenos yang dalam bahasa yunani artinya ngengat atau kupu-kupu dan opsis yang berarti bentuk atau penampakan. Nama genus Phalaenopsis diberikan oleh Blume (1825), ia seorang ahli botani dari Belanda. Nama itu diberikan berdasarkan sebuah peristiwa dimana Blume salah mengira telah melihat sekawanan kupu-kupu hinggap pada sebatang ranting kayu, padahal yang dilihatnya adalah anggrek dari genus Phalaenopsis.

Salah satu contoh spesies dari genus Phalanopsis adalah Phalaenopsis amabilis (L.) Blume. Spesies ini sering di jadikan induk silangan untuk menghasilkan anggrek hibrida atau turunan anggrek yang berkualitas. Pertama kali di temukan di Ambon Oleh G.E Rumphius pada tahun 1750.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar