Kamis, 06 Juni 2013

Penemuan Kura-Kura Raksasa di Pegunung Meratus

Pegunungan Meratus tidak hanya menyimpan beragam jenis Anggrek Spesies, tetapi juga rumah bagi berbagai jenis fauna yang diantaranya adalah hewan khas atau endemik di Kalimantan (Borneo). Sayangnya kerusakan hutan, akibat alih fungsi dan aktifitas manusia yang kurang mengindahkan kelestarian alam membuat sebagian jenis hewan tersebut juga terancam keberadaannya. Salah satunya hewan yang menjadi  kebanggan Indonesia yaitu Kura Kaki Gajah atau Manouria emys yang merupakan salah satu kura terbesar yang ada di Asia.
Penemuan kura kaki gajah di Pegunungan Meratus
Manouria emys foto Biodiversitas Indonesia

Penemuan Kura Kaki Gajah yang saat ini sangat jarang terutama untuk wilayah Kalsel merupakan kabar kabar baik sekaligus pekerjaan rumah baik pemerintah daerah atau instansi terkait maupun lembaga swadaya yang bergerak di bidang lingkungan. Kura langka ini ditemukan oleh tim Biodiversitas Indonesia di Pegunungan Meratus Kamis (6 Juni 2013) saat kegiatan ekspedisi. "Emys dapat tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 80cm dengan berat sekitar 37 kilogram. Di Indonesia, kura kura Emys tersebar dari Sumatera hingga Kalimantan. Namun untuk wilayah kalimantan sekarang sangat sulit temukan, terutama kawasan pegunungan Meratus" 
Jenis laba-laba mirip tarantula borneo
Laba-Laba Exotic dari  Pegunungan meratus

Selain melacak keberadaan Emys, tim Biodiversitas Indonesia juga mendokumentasikan beragam jenis serangga dan Arthropoda. Rencananya serangga-serangga unik yang belum diketahui namanya tersebut akan di identifikasi dan di terbitkan kedalam jurnal Biodiversitas Indonesia (pegunungan meratus). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar