Minggu, 27 Januari 2013

Cara mengendalikan Hama Kutu Gajah

Cara mengendalikan hama kutu gajah- Kutu gajah adalah musuh utama pecinta anggrek, betapa tidak keluarga insecta yg imut tapi dibilang gajah ini memiliki daya rusak yang cukup hebat terhadap anggrek kesayangan kita. Berikut ini ada tip menarik dari Bunda Endah Malahayati dalam menangani hama kutu gajah, semoga bermanfaat buat kita ;

 Cara Membasmi kutu gajah adalah :
1. Cari insektisida KONTAK (bukan sistemik) yg berbahan aktif berbeda dg yg selama ini telah digunakan. Karena si kutu gajah tsb pasti telah resisten trhdp insektisida yg biasa digunakan itu. Ini dimaksudkan u/ membunuh kutu gajah dewasa yg berkeliaran diantara batang2 anggrek. Gunakan dosis 2 cc/ liter air. Semprotkan secara merata kesemua bagian tanaman anggrek.

2. Minggu berikutnya (usahakan pada hari yg sama) semprot kembali tapi harus dengan insektisida SISTEMIK (seperti Confidor, Tamaron dll). Ini untuk membunuh larva yg bersarang/bersembunyi didalam batang-batang anggrek. Insektisida sistemik yang mampu menembus kedalam jaringan tanaman, sehingga bila termakan oleh larva-larva tersebut, mereka akan mati.

Dosis untuk Confidor : 0,5 cc / liter air.

 untuk Tamaron : 1 cc / liter air

 untuk Merek lainnya : lihat dosis anjuran pada kemasannya

Disemprotkan ke setiap bagian tanaman.

 3. Minggu berikutnya lagi (juga usahakan pada hari yg sama) lakukan kembali penyemprotan inseksida KONTAK dengan cara & dosis seperti tersebut diatas.

 4. Minggu berikutnya lagi (dihari yg sama) lakukan lagi penjemprotan insektisida SISTEMIK dengan cara & dosis yg sama juga (seperti tersebut diatas).

 5. Selesai

 Untuk perventif agar tidak terserang kutu gajah kembali, lakukan penyemprotan insektisida KONTAK saja (tidak perlu yg SISTEMIK karena harganya mahal) secara berkala yaitu setiap 2 minggu sekali.

Namun sangat perlu untuk diperhatikan, lakukanlah selalu pemberian insektisida dengan dosis yang tepat agar tidak terjadi resistensi yg bisa berakibat buruk bahkan fatal.

1 komentar: