Rabu, 07 Juli 2010

Merawat anggrek perlu sentuhan hati

Banyak yang bilang merawat anggrek memerlukan cinta artinya, tanpa kecintaan terhadap anggrek maka hanya akan membuat anggrek-anggrek koleksi kita merana. Tentunya  kita masih ingat pepatah " tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta" , bergitulah anggrek. Jika tak kenal, rasanya akan sulit untuk mencintai dan akan sulit pula untuk merawat anggrek dengan sentuhan hati. Oleh karenanya mengenal anggrek adalah salah satu upaya agar kita bisa lebih mencintai anggrek koleksi kita.

Seperti kita ketahui.. anggrek (Anggrek spesies) berdasarkan habitatnya dibedakan menjadi Anggrek Teresterial (anggrek tanah), anggrek ini tumbuh di tanah bisa di tanam di dalam pot maupun di pekarangan rumah misalnya anggrek tanah (Spatoglottis plicata), anggrek  kalajengking (Arachnis flos-aeris), dll. Anggrek Epifit (anggrek yang menumpang pada pohon), hidupnya menempel di pepohonan di hutan baik yang masih hidup maupun yang sudah mati, jika ingin memelihara anggrek ini bisa di tanam langsung dengan menempelkannya di pepohonan di sekitar rumah, menempelkannya pada pakis atau  ditanam di dalam pot dengan media yang cocok (misalnya sabut, arang, cacahan pakis) contoh anggrek ini misalnya Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis), Dendrobium cinerium, Bulbophyllum beacarii dll, Anggrek Litofit (anggrek yang hidup pada batu ) umumnya anggrek ini tahan terhadap sinar matahari langsung jadi jika ingin memeliharanya harus memperhatikan faktor cahayanya, bisa di tanam di media pengganti seperti pakis atau arang. Anggrek Saprofit (anggrek yang hidup dari sisa dedaunan atau ranting yang lapuk), anggrek ini hampir  sama cara hidupnya dengan anggrek tanah, hanya saja substratnya biasanya berupa humus atau sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati.

Sebenarnya masih ada kelompok tumbuhan lain yaitu semi teresterial/semi epifit, ini berlaku pada beberapa jenis anggrek yang bisa menyesuaikan diri hidup baik di pepohonan sebagai epifit maupun di tanah (teresterial), misalnya pada anggrek tebu (Gramatophyllum speciosum)

Mudahan-mudahan sedikit informasi ini bisa  membantu para hobies untuk menempatkan tanaman anggreknya pada media yang tepat dan bisa merawatnya dengan sentuhan hati. (mj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar