Sabtu, 16 November 2013

Penanaman Anggrek Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2013

INOS Kalsel - Kegiatan penanaman anggrek pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional di lingkungan Kampus Unlam Banjarmasin berlangsung lancar. Penanaman dilakukan pada hari Kamis (14/11/13) oleh INOS Kalsel bersama kawan-kawan dari Biodiversitas Indonesia dan  Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) FKIP Unlam.

Penanaman Anggrek Cymbidium
Beberapa jenis anggrek alam seperti seperti jenis Cimbidium filaysonianum, Aerides odorata, Dendrobium crumenatum, Phalaenopsis cornu-cervi serta Bulbophyllum auratum menjadi pilihan karena selain memiliki ketahanan yang cukup baik diluar habitat asli, juga relatif sering berbunga. Apalagi untuk anggrek Cymbidium juga memiliki rumpun yang lumayan besar sehingga menambah kesan asri dan menyejukan. 
Penanaman Anggrek

Parstisipasi Kader Konservasi pada Kegiatan Penanaman Anggrek

Lingkungan Unlam memang menjadi salah satu lokasi prioritas penanaman anggrek. Selain untuk mendukung program Ruang Terbuka Hijau Unlam Banjarmasin sebagai Percontohan Kawasan Konservasi Kampus di Indonesia, kegiatan ini juga merupakan langkah lanjutan dalam rangka mewujudkan Hutan Kampus menjadi Miniatur Hutan Anggrek. 
Partisipasi Himbio 
Salah satu pohon dengan anggrek di Hutan Kampus yang ditanam tahun 2010 lalu

Sejak digaungkannya Gerakan Cinta Anggrek Indonesia Maret  2010 lalu, Komunitas Indonesian Native Orchids Society (INOS) Kalsel secara konsisten melakukan penanaman anggrek di lingkungan dan hutan kampus Unlam Banjarmasin. Sedikitnya sudah ada enam kali penanaman anggrek yang pernah dilaksanakan sampai dengan tahun 2013 yang dilakukan baik yang sifatnya bersama-sama dengan  lembaga atau komunitas lain ataupun intern INOS saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar